Selasa, 23 April 2013

MEKANISME SAHAM

Mekanisme di Saham

User Rating: / 7
PoorBest 
Ada 2 macam bentuk mekanisme di saham

1. Mekanisme pada saat IPO

Pada Proses membeli IPO (saham perdana) biasanya Investor tidak bertemu langsung dengan Emiten (pihak yang menjual saham) atau investor datang ke perusahaan yang mau menjual IPO, Ada Sekuritas / Broker yang menjadi perantaranya. Peran Sekuritas / Broker di sini adalah sebagai penjamin emisi...maksudnya adalah kalau IPO tersebut tidak terjual habis maka pihak sekuritas yang menanggungnya...
Caranya mudah....investor datang ke kantor sekuritas yang ditunjuk, lalu membuka rekening di sekuritas tersebut , jangan lupa bawa KTP anda untuk keperluan pendaftaran.... Setelah itu barulah investor dapat melakukan transaksi beli.

2. Mekanisme saham di pasar bursa

1. Membuka rekening di sekuritas yang anda pilih dengan syarat KTP dan NPWP
Oh ya....standard pengisian Form nya adalah Isi Form pembukaan rekening tersebut selengkap-lenkapnya, ini adalah data pribadi anda yang akan di record oleh BEI. How To Open Account
2. Deposit Dana
Setelah  memiliki rekening, untuk bisa bertransaksi anda harus melakukan proses Deposit dana terlebih dahulu, sejumlah....minimum 10 juta.
3 . Melakukan Transaksi dipasar Saham
2 point diatas sudah dilaksanakan, sekarang anda bisa melakukan transaksi Jual/Beli saham, dengan cara konvensional atau cara Online trading.
4.  Proses di Bursa
Setiap orderan dari para investor akan di proses di Bursa .... jika ada transaksi jual beli yang cocok harganya , dengan otomatis transaksi tersebut Selesai (DONE)
5.  Membayar dan Menerima pembayaran
Berkaitan dengan dana yang sudah anda deposit pada awal pembukaan rekening,
Jika anda melakukan proses beli saham artinya anda harus membayar, sebaliknya jika anda melakukan proses jual maka anda akan menerima proses pembayaran. Kedua nya , baik membayar ataupun menerima pembayaran semua di lakukan pada T+3. Tiga hari setelah transaksi anda DONE.
Tahap ini lebih cenderung ke masalah teknik, namun belajarinvestasi.com akan siap membantu anda jika anda memiliki pertanyaan. Prosesnya sangat mudah namun pengetahuan di dalamnya, jika masih ragu dan ingin mencoba melihat-lihat bagaimana sich pergerakan harga saham itu,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar